VISI , MISI, TUJUAN DAN TARGET MADRASAH
1. Visi
Berilmu, Beramal dan
Bertaqwa, dengan
indikator sebagai berikut : Berilmu : Memiliki Ilmu yang
berkwalitas tinggi dalam penguasaan IPTEK dan IMTAQ sebagai Kholifah Fi al-ardl, Beramal
: Terampil dalam melaksanakan ibadah (Hablun Minallah), dan Terampil
dalam bermasyarakat (Hablun Minannas), Bertaqwa : Selalu menjujung tinggi
kebenaran dan menjauhi segala keburukan , baik norma agama maupun norma
masyarakat.
2.
Misi
a. Membekali Peserta Didik, Ilmu yang
‘Amaliyah.
b. Membiasakan Peserta Didik, beramal yang
Ilmiyah.
c. Menanamkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada
Allah SWT.
d. Menumbuhkan sikap dan amaliah keagamaan
Islam
e. Mengoptimalkan pengayaan terhadap nilai
keagamaan
f. Mengantar kader yang siap diri,
cerdas,mandiri berilmu dan profesional serta berwawasan kebangsaan.
g. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan
secara efektif, terampil, kreatif, sehingga setiap siswa dapat berkembang
secara optimal, sesuai dengan potensin yang dimiliki, baik rohani, iptek dan
akhlakul karimah
h. Membina dan bekerjasama dengan lingkungan
masyarakat
i. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk
mengenali dirinya dan potensinya, sehingga tumbuh dan berkembang secara utuh
dan optimal
j. Meningkatkan kepedulian terhadap
kebersihan lingkungan
3. Tujuan
a.
Meningkatkan kualitas keilmuan yang amaliah bagi warga
madrasah
b.
Meningkatkan kualitas amal yang ilmiah bagi warga
madrasah
c.
Meningkatkan kualitas sikap dan amaliah keagamaan islam
warga madrasah
d. Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap
kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah
e. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan
prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non
akademik.
4. Target
a. Terciptanya kegiatan di madrasah yang terencana dan
terarah dengan acuan manajemen yang baik.
b. Meningkatnya kualitas para guru dan jajaran pengelola
madrasah lainnya, sehingga memungkinkan terciptanya proses belajar mengajar
yang kondusif dan menciptakan output yang handal.
c. Berfungsinya unit – unit pendidikan baik yang berkaitan dengan kegiatan murid, guru
dan kepala sekolah serta seluruh jajaran pengelola dan masyarakat, baik unit
organisasional maupun fungsional , sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama
yang baik dan terbangunnya rasa tanggung jawab bersama antara kita.
5. Sasaran
Sasaran
kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan ini adalah manajemen pendidikan
yang dijalankan oleh madrasah. Oleh
karena itu seluruh komponen yang terlibat didalamnya, mulai dari kepala sekolah
, guru, murid serta seluruh jajaran pengelola komite madrasah dan masyarakat
dilingkungan madrasah sekitar. Seluru kegunaan yang dikembangkan dan komponen
apa saja yang terlibat akan dijelaskan lebih jauh dalam bab selanjutnya.
Dengan
demikian kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan bersifat menyeluruh,
tidak hanya meningkatkan kualitas belajar mengajar sebagai sarana tunggal
tetapi juga seluruh faktor yang mendukung baik internal maupun external. Oleh
karena itu, maka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak juga merupakan
bagian tak terlupakan dalam kegiatan ini.
0 komentar:
Post a Comment