Saturday, May 3, 2014

VISI , MISI, TUJUAN DAN TARGET MADRASAH


VISI , MISI, TUJUAN DAN TARGET MADRASAH


1.      Visi
Berilmu, Beramal dan Bertaqwa, dengan indikator sebagai berikut : Berilmu : Memiliki Ilmu yang berkwalitas tinggi dalam penguasaan IPTEK dan IMTAQ sebagai Kholifah Fi al-ardl, Beramal : Terampil dalam melaksanakan ibadah (Hablun Minallah), dan Terampil dalam bermasyarakat (Hablun Minannas), Bertaqwa : Selalu menjujung tinggi kebenaran dan menjauhi segala keburukan , baik norma agama maupun norma masyarakat. 
2.      Misi
a.    Membekali Peserta Didik, Ilmu yang ‘Amaliyah.
b.    Membiasakan Peserta Didik, beramal yang Ilmiyah.
c.    Menanamkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT.
d.   Menumbuhkan sikap dan amaliah keagamaan Islam
e.    Mengoptimalkan pengayaan terhadap nilai keagamaan
f. Mengantar kader yang siap diri, cerdas,mandiri berilmu dan profesional serta berwawasan kebangsaan.
g.  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, terampil, kreatif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensin yang dimiliki, baik rohani, iptek dan akhlakul karimah
h.    Membina dan bekerjasama dengan lingkungan masyarakat
i.    Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali dirinya dan potensinya, sehingga tumbuh dan berkembang secara utuh dan optimal
j.      Meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan

3.      Tujuan
a.    Meningkatkan kualitas keilmuan yang amaliah bagi warga madrasah
b.    Meningkatkan kualitas amal yang ilmiah bagi warga madrasah
c.    Meningkatkan kualitas sikap dan amaliah keagamaan islam warga madrasah
d.   Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah
e.   Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
4.      Target
a.   Terciptanya kegiatan di madrasah yang terencana dan terarah dengan acuan manajemen yang baik.
b. Meningkatnya kualitas para guru dan jajaran pengelola madrasah lainnya, sehingga memungkinkan terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif dan menciptakan output yang handal.
c.  Berfungsinya unit – unit pendidikan baik  yang berkaitan dengan kegiatan murid, guru dan kepala sekolah serta seluruh jajaran pengelola dan masyarakat, baik unit organisasional maupun fungsional , sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama yang baik dan terbangunnya rasa tanggung jawab bersama antara kita.
5.      Sasaran
Sasaran kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan ini adalah manajemen pendidikan yang dijalankan oleh madrasah.  Oleh karena itu seluruh komponen yang terlibat didalamnya, mulai dari kepala sekolah , guru, murid serta seluruh jajaran pengelola komite madrasah dan masyarakat dilingkungan madrasah sekitar. Seluru kegunaan yang dikembangkan dan komponen apa saja yang terlibat akan dijelaskan lebih jauh dalam bab selanjutnya.
Dengan demikian kegiatan peningkatan manajemen mutu pendidikan bersifat menyeluruh, tidak hanya meningkatkan kualitas belajar mengajar sebagai sarana tunggal tetapi juga seluruh faktor yang mendukung baik internal maupun external. Oleh karena itu, maka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak juga merupakan bagian tak terlupakan dalam kegiatan ini.

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Konfirmasi terkait dengan kegiatan dan keberadaan peserta didik, silahkan hubungi kontak Madrasah atau melalui Wali Kelas.

Address:

Jl.Ir.H.Juanda VI/38 Mayak Ponorogo

Work Time:

Libur Hari Jum'at

Phone:

Kantor MA : 0352-461093